7
Posted on 11:36 PM by Brian and filed under
Hipertensi yang secara awam lebih dikenal dengan penyakit darah tinggi atau tensi tinggi patut mendapat perhatian dari kita semua, baik pria maupun wanita. Mengapa hipertensi ini perlu diwaspadai? Jawabannya mungkin kita semua sudah mengetahuinya, karena hipertensi meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung koroner dan stroke, penyakit mematikan penyebab kematian pertama di dunia saat ini.

Hasil dari penelitian observasional yang melibatkan lebih dari 1 juta orang berusia antara 40-89 tahun mengindikasikan adanya peningkatan yang progresif akan resiko penyakit jantung koroner dan stroke apabila tekanan darah lebih dari atau sama dengan 115/75 mmHg. Resiko ini akan meningkat 2 kali lipat setiap adanya kenaikan 20 mmHg pada tekanan darah sistolik dan 10 mmHg pada tekanan darah diastolik. Penelitian lain dari Framingham Heart Study mengindikasikan bahwa tekanan darah antara 130-139/85-89 mmHg mempunyai hubungan dengan 2 kali lipat peningkatan resiko terkena penyakit kardiovaskuler dibanding dengan orang yang mempunyai tekanan darah dibawah 120/80 mmHg.

Berapa takanan darah yang normal ?

Kriteria hipertensi yang lazim dipakai adalah kriteria JNC7 (the Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure). Komite ini merupakan bagian dari National Heart, Lung, and Blood Institute, Departemen Kesehatan Amerika Serikat. JNC 7 ini merupakan kriteria JNC terbaru yang diterbitkan tahun 2003 yang bertujuan untuk memberikan sebuah pendekatan berbasis bukti (evidence-based Approach) pada pencegahan dan manajemen hipertensi .

Kriteria JNC7 (usia 18 tahun ke atas)

SBP = systolic blood pressure DBP = diastolic blood pressure.

Kriteria di atas berdasarkan rata-rata 2 atau lebih pengukuran tekanan darah pada posisi duduk, pada 2 atau lebih kunjungan ke dokter.




Kriteria prehipertensi diatas bukan berarti seseorang dikatakan hipertensi, tetapi lebih pada suatu bentuk kewaspadaan karena orang dengan kriteria prehipertensi mempunyai resiko tinggi untuk menderita hipertensi.


Gejala Hipertensi
Pada umumnya penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala (asimptomatik). Gejala biasanya muncul pada hipertensi yang berat. Gejala yang biasanya muncul adalah sakit kepala biasanya pada kepala bagian belakang, mudah lelah, jantung berdebar-debar, dan perasaan seperti mau pingsan. Gejala lainnya termasuk mimisan dan penglihatan yang tiba-tiba kabur.

Bersambung......Pada artikel selanjutnya akan dibahas pencegahan dan penanganan hipertensi, so don’t miss it.


Rujukan :
1.Chobanian AV, Bakris GL, Black HR. The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure: the JNC 7 report JAMA. 2003 May 21;289(19):2560-72.
2.Lewington S, Clarke R, Qizilbash N, Peto R, Collins R. Age-specific relevance of usual blood pressure to vascular mortality: A meta-analysis of individual data for one million adults in 61 prospective studies. Prospective Studies Collaboration. Lancet 2002;360:1903-13.
3.Vasan RS, Larson MG, Leip EP, Evans JC, O’Donnell CJ, Kannel WB, et al. Impact of highnormal blood pressure on the risk of cardiovascular disease. N Engl J Med 2001;345:1291-7.


Bookmark and Share
7
Responses to ... Anda Hipertensi ?
Anonymous said... March 8, 2009 at 10:42 AM

Makasih share infonya, sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan kesehatan

Brian said... March 8, 2009 at 9:40 PM

Sama-sama Mas Erik, yang penting selalu menjaga gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap normal

ennoadi said... March 30, 2009 at 11:28 AM

Brian.. seminggu yg lalu kondisi kesehatan aku agak drop, buang2 air, mual muntah, dokter bilang akibat maag aku yg kambuh krn mmg aku merasakan keluhan d ulu hati begitu perih, blood pressure aku cm 100/70. itu artinya normal or rendah yach ?

dr_agung_sp.s said... April 15, 2009 at 7:19 PM

Memang betul, sejak bekerja di ICU dan Stroke center, sekarang saya semakin menyadari betapa berbahayanya tekanan darah tinggi. Apalagi yang tanpa gejala, It's just like a silent killer. He come to you without a noice, and suddenly, you just felt down in a bad condition. So, watch out your Blood Pressure, your body mass index, your exercise, your food, and stay healthy today, tomorrow, and forever...

Hans said... April 22, 2009 at 6:39 AM

Akhir2 ini tensi darahku agak naik, kira2 130

atha lakuary said... November 8, 2009 at 10:35 AM

ayahku yang hipertensi,,

lampu stop led mobil said... May 30, 2013 at 4:32 PM

penyakit hipertensi bahaya juga ya...langsung cek up dhe normal kaga...thx infonya

Post a Comment