20
Posted on 9:33 PM by Brian and filed under
Di tempat saya belajar sekarang, orang-orang tanpa rasa rikuh memakai masker ketika mereka terkena influenza. Di sekolah, stasiun, mal-mal, di dalam bis maupun kereta. Di rumah sakit pun dokter-dokter dan perawat memakai masker terlebih-lebih jika mereka terkena influenza. Sebuah kesadaran yang tinggi akan self protection dan other people protection. Karena dengan memakai masker selain dapat melindungi diri juga ikut melindungi orang lain dari penyakit kita. Kesadaran ini didukung dengan mudahnya orang mendapatkan masker.Masker dijual di mall-mall, maupun toko-toko 24 jam.

Secara medis masker wajah dapat melindungi diri kita dari paparan virus dan resiko infeksi. Meskipun masker khusus yang dipakai oleh dokter bedah lebih efisien dalam mengurangi paparan kuman di udara daripada masker wajah biasa, namun pemakaian semua tipe masker memberikan perlindungan yang stabil dan berlangsung dalam waktu lama. Belajar dari pengalaman epedemi SARS di Hongkong, beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemakaian masker di tempat-tempat umum efektif dalam mencegah meluasnya SARS. Pemerintah Hongkongpun gencar mengkampanyekan pemakaian masker bagi orang yang menderita gejala-gejala mirip influenza.
Untuk perlindungan terhadap TBC meskipun masker wajah tidak sepenuhnya dapat melindungi dari resiko penularan, namun masker wajah yang dipakai secara benar dapat mengurangi paparan percikan ludah yang berasal dari batuk ataupun bersin penderita TBC. Lebih baik lagi jika penderita TBC juga mengenakan masker sehingga kemungkinan paparan kuman semakin minimal. Perlindungan yang optimal dapat dicapai dengan menggunakan Powered Air Purifying Respirator (PAPR) namun (PAPR) ini biasanya digunakan di rumah sakit oleh tenaga kesehatan yang merawat pasien dengan penyakit yang beresiko tinggi menular melalui udara seperti TBC dan flu burung.
Khusus berkenaan dengan kemungkinan pandemi flu burung, pemerintah Jepang sudah jauh-jauh hari membuat skenario dan simulasi seandainya terjadi pandemi flu burung di jepang termasuk perkiraan jumlah korban, persiapan rumah sakit yang mampu menangani penderita, skenario untuk memperkecil penyebaran dan tindakan-tindakan pencegahan lainnya. Termasuk tindakan pencegahan ini adalah kampanye penggunaan masker di tv-tv. Masker yang dikampanyekan ini adalah masker yang diklaim mampu menyaring udara pernafasan sampai dengan 99%. Padahal di jepang sendiri belum ada satupun penderita flu burung, namun persiapannya sudah begitu detail dan teliti. Bagaimana dengan persiapan negara kita? Selain menunggu tindakan proaktif pemerintah, ada hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mulai membudayakan pakai masker, jadi seandainya kita mempunyai gejala influenza, pakailah masker,kita bisa melindungi diri kita dan orang lain.

Rujukan :

1. Chia SE, Koh D, Fones C, Qian F, Ng V, Tan BH, Wong KS, Chew WM, Tang HK, Ng W, Muttakin Z, Emmanuel S, Fong NP, Koh G, Lim MK: Appropriate use of personal protective equipment among healthcare workers in public sector hospitals and primary healthcare polyclinics during the SARS outbreak in Singapore. Occup Environ Med 2005; 62: 473–477.
2. Lau JT, Kim JH, Tsui HY, Griffiths S. Perceptions related to bird-to-human avian influenza, influenza vaccination, and use of face mask. Infection. 2008 Oct;36(5):434-43.
3. Lau JT, Yang X, Tsui HY, Kim JH: Impacts of SARS on healthseeking behaviors in general population in Hong Kong. Prev Med 2005; 41: 454–462.
4. Lau JT, Yang X, Tsui H, Kim JH: Monitoring community responses to the SARS epidemic in Hong Kong: from day 10 to day 62. J Epidemiol Commun Health.
5. van der Sande M, Teunis P, Sabel R. Professional and home-made face masks reduce exposure to respiratory infections among the general population. PLoS ONE. 2008 Jul 9;3(7):e2618
6. Schaberg T, Hauer B, Loddenkemper R, Brendel A, Haas W, Just HM, Loytved G, Meyer C, Rieder HL, RĂ¼den H, Sagebiel D; German Central Committee for the control of tuberculosis. Recommendations for personal respiratory protection in tuberculosis Pneumologie. 2004 Feb;58(2):92-102

Bookmark and Share
20
Responses to ... Pakai masker,siapa takut? (Part-2)
Anonymous said... March 9, 2009 at 10:51 PM

Wah bagus sekali, sudah ada simulasinya

Anonymous said... March 11, 2009 at 1:10 PM

Betul Brian, aku setuju, seharusnya masker hrs lebih dibudidayakan untuk melindungin qta and orang laen dari berbagai penyakit.
meski wajah cakep qta harus disembunyikan di balik masker demi kesehatan hik hik hik....

Brian said... March 11, 2009 at 5:56 PM

Ya mas erik, bahkan sudah disimulasikan berapa persen penduduk yang akan meninggal, berapa persen yang akan selamat, berapa hari puncak pandemi dan berapa hari kemudian akan mereda. Termasuk tindakan2 yang harus dilakukan penduduk apabila pandemi benar2 terjadi.

Brian said... March 11, 2009 at 5:57 PM

Ya mbak enno, buat apa cakep2 tapi sakit dan membuat orang lain sakit he2

Anonymous said... March 17, 2009 at 12:08 AM

cocok bagi penderita batuk menahun hehe tul ga njez

Vivi Renissa said... March 18, 2009 at 11:06 AM

bagus, udah banyak org yg peduli akan kesehatan

Anonymous said... March 22, 2009 at 4:20 AM

buat penderita imsomnia seperti saya cocok ga ya???hehehehehe

Brian said... March 22, 2009 at 5:17 PM

@anonymus: tergantung penyebab batuknya,kalau hanya karena alergi sepertinya tidak perlu malah penampilan he he he
@witha: muga2 bisa menjadi budaya di negara kita
@valery: wah kayaknya tidak cocok buat penderita insomnia malah mengurangi penampilan, untuk penderita insomnia dianjurkan untuk rileks dan tidak ngeblog,karena ngeblog membuat insomnia seperti saya juga he he he

Lala said... July 16, 2009 at 2:04 PM

setuju...
wah aku lagi flu ini, beli masker dulu dech :P

Unknown said... February 21, 2010 at 6:20 PM

ayo... siapa takut

Metaphysical Sciences said... March 16, 2010 at 8:44 AM

Its really a nice blog .. Keep posting di masa depan juga

Hipertensi said... July 8, 2010 at 10:42 AM

Mau beli masker jg ah, takut ketularan flue hehe.
Makasih ya sharingnya ;)

obat herbal asia said... February 5, 2013 at 5:22 AM

Kesadar sendiri nih...Masker selain berguna melindungi diri sendiri juga agar org lain tidak tertular. Trmaksih atas sharingnya.

emblem mobil said... May 30, 2013 at 4:30 PM

buat apa takut pake masker...tho buat kecantikan dan kesehatan kulit wajah...

STAFABAND said... March 21, 2018 at 2:09 AM

Nice info gan.

Stafaband said... May 15, 2018 at 12:09 PM

Nice post, terima kasih
Stafaband

Stafaband said... May 22, 2018 at 11:42 AM

Terima kasih gan Stafaband Matahari

STAFABANDK said... June 2, 2018 at 1:39 PM

artikel yang sangat bagus Stafaband

Hiplay said... June 12, 2018 at 4:34 PM

sangat bermanfaat, terima kasih infonya Stafaband

Snapsongmp3 said... March 15, 2022 at 6:25 AM

thank for your information Download lagu mp3

Post a Comment