20
Posted on 5:45 PM by Brian and filed under
Bagi anda para penggemar kopi ada kabar yang menggembirakan. Jika anda selama ini khawatir akan pengaruh buruk kopi bagi kesehatan, anda bisa sejenak melupakannya
Sebuah riset tentang hubungan antara konsumsi kopi dengan kematian, yang melibatkan 41,736 laki-laki dan 86,214 wanita patut anda simak. Riset ini dimuat dalam Annals Journal of Internal Medicine tahun 2008. Para responden tersebut diketahui tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah atau kanker sebelum riset dimulai. Riset ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi kopi dengan kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (PJP), kanker, dan sebab-sebab lainnya. Follow up dilaksanakan selama 18 tahun untuk responden laki-laki dan 24 tahun untuk responden wanita.
Hasil yang didapatkan cukup mengejutkan mengingat responden yang mengkonsumsi kopi secara teratur ternyata mempunyai resiko relatif sedikit lebih rendah terhadap kematian akibat PJP, kanker dan sebab lainnya; dibandingkan dengan responden yang mengkonsumsi kurang dari 1 cangkir perbulan. Hasil ini diperkirakan terjadi akibat penurunan secara moderat resiko kematian akibat PJP, dan hal ini tidak tergantung dari kafein. Maksudnya adalah penurunan resiko kematian akibat PJP tersebut bukan disebabkan oleh kafein, melainkan zat-zat lain yang terkandung di dalam kopi seperti phenol dan antioksidan. Hal ini didukung data bahwa responden yang mengkonsumsi kopi non kafein pun merasakan manfaat yang sama. Penurunan resiko ini diduga akibat adanya efek antiinflamasi pada pembuluh darah.
Namun yang perlu diperhatikan dari hasil riset sebelumnya bahwa minum terlalu banyak kopi (>6 cangkir sehari) dapat meningkatkan resiko terkena PJP. Mengkonsumsi kopi secara regular dalam jumlah yang cukup (tidak lebih dari 2 cangkir perhari) mungkin bermanfaat bagi kesehatan karena dapat merangsang syaraf, meningkatkan kesigapan mental, dan tentu saja dapat mengurangi resiko penyakit jantung, terutama bagi wanita dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 25%.
Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengklarifikasi hal ini, dan tentu saja hal ini hanya berlaku bagi anda-anda yang sehat dan tidak mempunyai penyakit tekanan darah tinggi. Jadi, secangkir kopi setiap pagi selain nikmat ternyata juga menyehatkan bukan?

Sumber (Sources) :
1. Fryhofer SA (2008) Health Benefits From Coffee: Medicine Matters. Medscape Internal Medicine
2. Garcia L et al (2008) The relationship of coffee consumption with mortality. Ann Intern Med 148(12):904-14

Bookmark and Share
20
Responses to ... Minum kopi secara teratur ternyata mempunyai efek yang baik bagi kesehatan
cute said... January 12, 2009 at 6:34 PM

yuppsss..bener...minum kopi memang menyenangkan...apa dr.brian sdh join klub peminum kopi ...?:))

Brian said... January 12, 2009 at 7:01 PM

Dulu ya,sekarang saya beralih jadi penggemar berat teh. Saya sarankan dr.Cut mencoba Jamaican Blue Mountain coffee dijamin mak nyusss

BlaGaBloGer said... January 12, 2009 at 9:31 PM

wah... saya jarang minum kopi dok....
kalo masalh kafein gmn??

hanna said... January 13, 2009 at 9:35 AM

Berita bagus ni Dok,eke penggemar kopi bow!
kondo ngopi bareng yukk..(^-^)

Brian said... January 13, 2009 at 4:42 PM

Terima kasih coment-comentnya
Kafein selama masih dalam batas wajar (250 mg) atau 1-2 cangkir perhari tidak menimbulkan masalah bagi seseorang yang sehat.Kalau jarang minum kopi/tidak suka kopi tidak perlu dipaksakan toh kita masih dapat mendapatkan manfaat dari sumber lain seperti buah-buahan dan sayuran yang juga mengandung zat antioksidan.Atau dari teh walaupun teh juga mengandung kafein,namun dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan kopi

Dingin2 begini memang paling enak minuk kopi he2

afie said... January 17, 2009 at 12:00 AM

diriku bukan peminum kopi...
btw ganti tampilan lagi-kah? widget2nya pada di-ilangin-kah?

doctorGROW said... January 17, 2009 at 9:44 AM

"responden yang mengkonsumsi kopi secara teratur ternyata mempunyai resiko relatif sedikit lebih rendah terhadap kematian akibat PJP, kanker dan sebab lainnya; dibandingkan dengan responden yang mengkonsumsi kurang dari 1 cangkir perbulan". saya lebih tertarik menggaris bawahi kata-kata sedikit lebih rendahnya dan memilih untuk tidak minum kopi secara teratur mengingat efeknya juga hanya SEDIKIT LEBIH RENDAH hehe.

Brian said... January 17, 2009 at 11:28 AM

Ya Mas, ada sedikit eror waktu mau ganti tampilan he2

@doctorGROW:
Ya memang artikel ini terutama ditujukan buat para penggemar kopi yang minum kopi secara teratur,kalau untuk yang bukan penggemar kopi dipersilahkan saja, atau bisa minum yang lain,seperti saya sekarang, saya penggemar teh he2

caca said... January 22, 2009 at 11:29 PM

begitukah? berarti gak salah dong caca minum kopi setiap hari...

bobi said... January 22, 2009 at 11:30 PM

daku klo gak minum kopi sehari pusing kepalanya..knp tu ya?

Ventrasys said... January 24, 2009 at 4:19 AM

Dulu pernah berdebat ama temen, yg katanya minum kopi tiap hari itu gak bagus. Saya bilang kalo cuma 1-2 cangkir aja gapa2, tapi dia ngotot ttp bilang ga bagus. Untunglah penelitian ini lebih mendukung saya, hehehe...

Erik said... January 24, 2009 at 2:21 PM

Kalau saya lebih mengutamakan minum air putih. Minum kopi kalau lagi badan terasa lesu karena tekanan darah lagi rendah.

Brian said... January 24, 2009 at 6:09 PM

@caca, mengkonsumsi kopi setiap hari bagi orang yang sehat tidak akan membahayakan asal tidak berlebihan
@bobi, hal ini merupakan salah satu gejala yang timbul akibat penghentian minum kopi secara mendadak, caffein merangsang sistem saraf pusat sehingga memberikan efek meningkatkan kewaspadaan (tidak mengantuk),pada beberapa review medik ditemukan kejadian semacam ini namun hal ini tidak berbahaya selama tidak mengganggu aktivitas.
@Ventrasys: harusnya dulu pake taruhan jadi menang deh he2
@Mas Erik: minum air putih memang lebih menyehatkan, apalagi bagi kaum laki-laki, bisa mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal.

Emiko said... January 25, 2009 at 3:09 PM

wah asyik...saya penggemar kopi terutama cappucino.
EM

Brian said... January 27, 2009 at 9:53 AM

Selamat menikmati lezatnya kopi capucino Bu,apalagi di pagi hari mantap

piteys said... January 30, 2009 at 9:57 AM

ikutan nimbrung nich...
kalo minum kopinya more than once a day? efeknya tetep jelek ga ya ke tubuh..i am a coffee addict nich..hehe

Brian said... January 30, 2009 at 3:29 PM

@peteys,kopi mengandung kaffein yang mempunyai sifat merangsang sistem saraf pusat,apabila berlebihan akan menimbulkan rangsangan yang berlebihan seperti jantung berdedar-debar,insomnia, rasa letih. Menurut riset minum kopi yang berlebihan justru meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Jadi sebaiknya minum kopi tidak lebih dari 1 sampai 2 cangkir perhari.Selamat minum kopi

bdh said... February 9, 2009 at 4:45 PM

hmm semua ciptaanNYA pasti punya manfaat yang berguna apabila dipergunakan semestinya, seperti juga ganja tetapi kalau sudah berlebihan pemakaiannya pasti menimbulkan masalah...

sek tak 'nyruput' kopi' dulu he he

lovlycious rain said... January 8, 2010 at 12:00 PM

nice info...
terima kasih....

Hannie's Blog said... February 26, 2011 at 12:37 PM

masa?
tapi kenapa kalo saya kopi tiap pagi mesti bikin perut saya mules2????

Post a Comment