6
Posted on 10:44 AM by Brian and filed under
Setelah selesai makan siang, kamipun memulai acara jalan2. Pertama-tama kami berkeliling di Kyoto eki dan turun sampai ke lantai 2. Ternyata dari lantai 2 ini kami bisa melihat jelas Kyoto Tower salah satu simbol kota Kyoto. Oya hampir semua kota di Jepang mempunyai tower semisal Kyoto Tower, Hokkaido Tower, dan tentu saja yang paling terkenal yaitu Tokyo Tower.

Kyoto Tower ini merupakan menara pengamatan setinggi 131 meter dan mempunyai struktur seperti piring di puncaknya. Menara ini berdiri di atas Kyoto Tower Hotel sebuah hotel berbintang 3. Letak menara ini di seberang Kyoto Eki. Setelah puas melihat2 kami pun melanjutkan perjalanan. Tempat pertama yang akan kami tuju adalah Chion-in Temple. Dari stasiun kira2 15 menit perjalanan dengan mobil. Dari stasiun kita juga bisa naik bis ke Chion-in Temple ini, dan jangan khawatir di bis ada tulisan bahasa Inggrisnya jadi ga mungkin nyasar. Di sepanjang perjalanan banyak kami jumpai orang asing (he2 bukan kah saya juga orang asing). Maklumlah kyoto memang sangat terkenal,jadi banyak orang asing (alien begitu orang jepang menyebutnya) yang melancong atau pun berbinis di sini.

Setelah berhenti di pelataran parkir kami disambut dengan bangunan megah dari kayu berwarna hitam yang sungguh indah. Wow kirei (indah). Bangunan ini merupakan gerbang dari Chion-in Temple. San-mon Gate namanya dan dibangun pada tahun 1619. Setelah melewati pintu gerbang kamipun melewati jalan menanjak sekitar 500 meter sebelum akhirnya sampai di bangunan utamanya.

Bangunan utamanya dinamakan Mieido merupakan sebuah bangunan besar tempat sembahyang. Kami sempat masuk ke dalamnya dan menyaksikan ritual doa oleh para biksu, ruangan sembahyang sangat luas bahkan bisa dikatakan sebagian besar bangunan utama itu merupakan tempat sembahyang. Terdapat patung Budha besar berwarna kuning keemasan (mungkin berlapis emas). Suasana hening, hanya terdengar alunan doa-doa dan tentu saja bau dupa yang menyengat. Sayangnya kami tidak diperbolehkan mengambil gambar ruangan tsb. Setelah keluar dari ruang utama kami melihat-lihat ke sekitar kuil. Terdapat beberapa hal menarik dari bangunan utama ini yaitu di setiap ujung atapnya diukir dengan simbol tiga daun suci lambang dinasti Tokugawa. Trus adapula payung yang temangsang (tersangkut) di atap yang konon digunakan sebagai sarana memanggil hujan (he2 sempat celingukan mencari payung itu, ternyata berupa payung kertas berwarna coklat). Bangunan utama dikelilingi semacam emperan kayu, dan uniknya kayu2 tersebut bisa mengeluarkan suara2 kalu diinjak,fungsinya semacam alarm tanda ada penyusup,….canggih juga ya pemikirannya.Kuil ini pertama kali dibangun oleh Biksu Budha Genchi pada tahun 1183-1238 sebagai bentuk penghormatan kepada gurunya Hōnen pendiri sekte Jodo Shu. Kuil ini pernah terbakar habis pada tahun 1633 namun kemudian dibagun kembali oleh Tokugawa Shogun Iemitsu yang berkuasa pada tahun 1604-1651.
Di sekeliling bangunan utama terdapat 3 buah bangunan yang lebih kecil, yang konon di pakai sebagai ruang tamu. Ada pula kolam kecil yang di sekelilingnya ditumbuhi pohon maple jepang (momiji). Pada saat kami datang daun2 momiji ini sudah berubah warna menjadi kuning dan merah yang sungguh mempesona mata.

Setelah puas melihat kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki……bersambung ke part 3

(NB: bagian-bagian yang ada unsur sejarahnya diambil dari wikipedia)

Bookmark and Share
6
Responses to ... Jalan-jalan ke Kyoto-Part 2. Chion-in Temple (知恩院 )
Anonymous said... December 29, 2008 at 11:42 PM

seperti biasa..khas banget Brian...detail...lengkap....hehehe

Anonymous said... December 31, 2008 at 11:01 AM

Trims ya Cute, jangan bosan2 berkunjung, salam buat keluarga, masih di Bandungkah?

Anonymous said... January 1, 2009 at 8:16 PM

Kirei na machi desu ne...nice pics. Salam. www.fadlitams.blogspot.com

Anonymous said... January 3, 2009 at 12:16 AM

Terima kasih,Salam kenal Mas Fadli, Mas Fadli SMANSA solo angkatan 98 ya, saya dulu juga SMANSA 98 kelas I-2.Bisa tukeran link?

Anonymous said... January 3, 2009 at 5:51 AM

Sama2 mas...Iya, aku dulu Smansa Solo 98 juga. Kelas I-1. Boleh aja mas Brian. Oya, Univ. nya di japan dmn? Wahhh mantap emang japan. Nihon ni ikitai :) someday

Anonymous said... January 3, 2009 at 5:58 PM

Saya di Tottori, iya nih bagus lho, ditunggu bertugas di jepang.

Post a Comment