3
Posted on 12:03 PM by Brian and filed under
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencicipi Darjeeling tea. Teh yang konon disebut sebagai salah satu teh terbaik di dunia. Darjeeling tea berasal dari nama suatu daerah yaitu Darjeeling region di West Bengal, India.

Saya menikmati Darjeeling tea ini di sebuah hotel di kota kami, pada suatu acara lab kami. Tehnya disajikan di dalam sebuah cangkir kecil bernuansa klasik. Sebagai teman disajikan pula gula dan cream. Aromanya sangat harum, wangi, tapi bukan seperti bau wangi melati. Tehnya berwarna coklat , karena memang teh ini merupakan salah satu jenis black tea. Ketika disruput rasa khas langsung menyebar di mulut. Rasanya hampir sama dengan rasa teh hitam yang lain, namun dengan rasa sepat yang pas. Yang lebih istimewa setelah kita minum ada sensasi rasa manis menyegarkan yang tertinggal di lidah.Sedaap!!!

Sebenarnya cita rasa teh-teh di negara kita tak kalah lezatnya dengan Darjeeling tea ini. Cuman menurut saya kemasan, cara penyajian, dan promosi yang kurang membuat teh-teh kita kurang dikenal di dunia. Gengsi ini sangat penting, karena walaupun kita mempunyai banyak teh yang sedap namun kalu tidak terkenal, orang juga agak enggan untuk meminumnya. Berbeda dengan teh yang sudah punya “merk dunia”, ada kebanggaan tersendiri ketika meminumnya (termasuk saya he2, bangga bisa minum Darjeeling tea walaupun mungkin teh negeri sendiri ada yang lebih enak).

Kalau boleh jujur, sebenarnya saya masih lebih suka teh-teh yang dijajakan di warung Hik (semacam warung kaki lima, wah jadi kangen nih ama warung Hiknya Pak Rame) di Solo. Teh yang dijual disini biasanya merupakan ramuan khusus dari berbagai macam teh asli Indonesia, bisa sampai lebih dari 7 macam teh diramu dengan resep rahasia. Hasilnya pun sungguh sempurna, teh yang kental, manis dan sepat. Perfect menurut lidah saya. Ya cuman itu teh-teh yang lezat ini hanya disajikan di warung sekelas kaki lima bukan di hotel-hotel berbintang. Coba kalau ramuan tadi dipatenkan, dikemas dalam kemasan berstandar internasional , trus dilabel nama teh Pak Rame dan diekspor (he..he...he....), siapa tahu bisa mendunia melebihi Darjeling tea. Dan orang-orang Indonesia akan bangga minum tehnya sendiri, teh Pak Rame yang telah bermerk dunia.

Bookmark and Share
3
Responses to ... Sedapnya Darjeeling tea
Anonymous said... December 26, 2008 at 8:11 PM

teh nya helthy bgt ya..
btw ini Brian nya Asala kah?
yorosiku..
boleh tukeran link gak blog nya?

Anonymous said... December 27, 2008 at 12:36 PM

Ya Hana bener sekali,yorosiku
Makasih dah mampir,boleh sekali silakan,aku link juga ya blogmu

Anonymous said... January 26, 2014 at 10:53 PM

Indonesia sebenernya juga memiliki teh yang kualitasnya hampir menyamai Darjeeling, namanya Kayuaro. Diproduksi di perkebunan teh yang berada di lereng Gunung Kerinci, Jambi.

Post a Comment