9
Posted on 12:19 AM by Brian and filed under
Tahun 2009 dilambangkan sebagai tahun Sapi atau Banteng dalam Zodiac Cina. Di jepang disebut dengan sebutan tahun “ushi” atau sapi. Sapi melambangkan kemakmuran, namun harus diikuti dengan pengorbanan dan kerja keras

Tahun 2008 yang lalu diwarnai dengan kesuraman ekonomi di seluruh dunia yang diawali dengan Subprime Lending Crisis di Amerika ,yang menimbulkan kredit macet yang luar biasa jumlahnya. Hal ini memaksa tumbangnya Lehman Brothers, sebuah bank investasi yang telah berumur 158 tahun, menimbulkan mata rantai tumbangnya bank-bank tidak hanya di amerika namun juga secara global. Upaya penyelamatan yang dilakukan dengan menyuntikkan dana untuk menambah likuiditaspun telah dilakukan (US government dengan $700 billion bailout billnya, European central bank dengan pinjaman $180 billion, dll), namun masih tak kuasa menahan laju krisis. Kredit masih macet, harga-harga saham dunia berguguran, pertumbuhan ekonomi melambat, daya beli masyarakat menurun, perusahaan-perusahaan pun terkena dampaknya.Imbasnya PHK dimana-mana, bahkan Toyota, salah satu produsen mobil terbesar dunia pun berencana memPHK ribuan karyawannya. Di tanah air pun krisis juga mulai terasa dengan berita PHK di beberapa perusahaan. Walaupun krisis ini diramalkan masih akan belum teratasi sampai musim panas (bulan Juli) tahun 2009 atau bahkan 2010, namun harapan pasti akan selalu ada, tentunya dengan kerja keras dan iringan doa.

Tahun sapi juga melambangkan lahirnya seorang pemimpin yang dapat diandalkan, memiliki kemampuan alamiah untuk meraih sesuatu yang besar, memiliki kesabaran, bekerja tanpa kenal lelah tanpa banyak mengeluh. Tahun 2009 akan digelar pemilu dan pilpres (pemilihan presiden) di tanah air. Banyak jago-jago yang sudah dielus-elus oleh parpol-parpol. Puluhan hasil survey dari berbagai lembaga survey telah dirilis. Parpol-parpol sudah menyiapkan janji-janji surga bagi para calon pemilih. Para calon presiden sudah gencar beriklan dimana-mana, menebar pesona, menampilkan sosok dirinya sebagai seorang malaikat yang mampu memecahkan segala persoalan bangsa termasuk masalah krisis ekonomi. Janji-janji pun kembali ditebar dengan harapan rakyat akan tergiur untuk memilihnya. Semoga kali ini rakyat dapat dengan cerdas menentukan pilihannya sehingga harapan lahirnya pemimpin-pemimpin yang terpercaya dapat terpenuhi. Semoga pula proses demokrasi yang menelan biaya trilyunan ini bukan hanya menjadi “ritual pemberian tiket” kepada para pemimpin-pemimpin yang kurang bertanggung jawab seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Terlepas dari makna tahun sapi itu sendiri, setiap tahun adalah tahun yang baik, tergantung bagaimana kita berusaha mengisinya. Akhirnya, selamat tahun baru, tantangan baru, dan tentunya harapan baru.

Bookmark and Share
9
Responses to ... Selamat Tahun Baru 2009-Selamat Datang Tahun Sapi
Anonymous said... January 1, 2009 at 8:20 PM

selamat tahun baru dr Brian, semoga sukses & bahagia selalu

Anonymous said... January 1, 2009 at 11:02 PM

selamat tahun baru pak dokter.
terima kasih udah mampir di blog saya.
dulu saya nge-blognya via foto, biar foto
yg bicara ^_^

Anonymous said... January 2, 2009 at 11:42 AM

Selamat tahun baru juga dr.Afie, kotoshimo yoroshiku onegaishimasu. Semoga tahun depan jadi tahun yang lebih baik buat kita semua. Sukses selalu buat dr.Afie

Anonymous said... January 2, 2009 at 11:46 AM

Selamat tahun baru juga Mas Frans, sama-sama, wah aliran fotografis ya.Semoga tahun depan tidak tambah aneh he2.

Anonymous said... January 2, 2009 at 10:44 PM

salam kenal, kawan. selamat tahun baru, silakan di-link blog saya. saya akan link balik

Anonymous said... January 3, 2009 at 3:29 PM

Agemashite Omedetou Gozaimasu
Semoga ditahun baru ini tambah succses ya,
klo mampir isi chat box ku ya.
Happy Holiday..

Anonymous said... January 3, 2009 at 5:51 PM

Salam kenal Mas Haris, selamat tahun baru juga, sudah saya link Mas.
Terima kasih Hana, Amin, Happy holiday bersama keluarga

Anonymous said... January 6, 2009 at 12:16 PM

Met Taon Baru yaaa... Sukses dech pokoknya... ijin nge-Lik Blog mu yach..

Anonymous said... January 8, 2009 at 4:48 PM

Silakan mbak,blognya mbak juga sudah saya link sekarang

Post a Comment