4
Posted on 10:51 PM by Brian and filed under ,
Akhir pekan lalu saya melihat pertandingan sumo (gulat jepang) di televisi. Pertandingan ini adalah pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar sumo termasuk saya. Turnamen sumo kali ini merupakan turnamen pembuka di tahun 2009. Setiap tahun ada 6 turnamen besar atau grand sumo turnamen, 3 turnamen diselenggarakan di Ryōgoku Kokugikan (Gedung Sumo) Tokyo dan 3 turnamen lain diselenggarakan di Osaka, Nagoya, dan Fukuoka.

Turnamen kali ini terasa spesial karena ditandai comebacknya Yokozuna (grand champions) Asashoryu setelah 2 kali absen secara berturut-turut karena cedera siku kiri. Nah pertandingan akhir pekan lalu adalah klimaks dari turnamen ini, disebut klimaks karena sampai hari terakhir turnamen ini belum bisa ditentukan siapa pemenangnya. Dan 2 kandidat kuat juaranya adalah Yokozuna (grand champions), Yokozuna Asashoryu dan Yokozuna Hakuho. Keduanya berasal dari mongolia. Asashoryu belum terkalahkan sampai hari terkhir dan Hakuho baru kalah sekali, dan pertandingan terakhir mempertemukan Asashoryu dan Hakuho. Jadi bila Asashoryu yang menang dia otomatis juara sedangkan bila kalah harus dilakukan play off. Nah dramatisnya Asashoryu kalah dan harus dilakukan play off. Sebelum play off keduanya diberikan waktu sekitar 15 menit untuk beristirahat dan merapikan tatanan rambutnya (sumo mempunyai tatanan rambut yang khas ketika bertanding, karena sudah rusak ya harus dibetulalkan he he he, ternyata sumo dandan juga).

Seperti biasa setelah kedua pesumo memasuki arena pertandingan, wasit mengumumkan nama-nama pesumo yang akan bertanding seperti pada pertandingan tinju. Arena pertandingan sumo ini berupa ring bernama dohyō (土俵) berdiameter 4.55 meter dan terbuat dari anyaman jerami yang dipilin membentuk tali. Tali melingkar terletak di atas panggung yang terbuat dari campuran tanah liat dan pasir. Di tengah lingkaran ada dua garis putih sebagai batas start kedua pesumo. Biasanya sebelum bertanding dilakukan ritual-ritual terlebih dahulu termasuk menaburkan garam ke tengah arena sebagai simbol penyucian diri.Karena ini pertandingan besar sponsornya pun banyak, bendera para sponsorpun diarak mengelilingi arena sebelum bertanding, perpaduan nilai tradisional dan bisnis.

Menariknya keduanya tidak langsung saling tubruk, tapi saling mengulur waktu sebagai perang urat saraf membuat jengkel lawan dan membuatnya lengah. Perang urat saraf ini juga semakin meningaktkan tensi pertandingan dan membuat penonton penasaran. Setelah 3 kali perang urat saraf akhirnya pertandingan dimulai, sangat seru dan akhirnya Asashoryu yang menang. Bantal pun beterbangan ka arena. Bantal? Ya bantal, dalam pertandingan sumo apabila penonton menganggap pertandingan menarik mereka akan melemparkan bantal yang mereka duduki ke tengah arena. Penasaran dan mau lihat pertandingan sumo pekan lalu?


Kenapa saya suka sumo? karena peraturannya sangat simple fair and square, pesumo yang bisa mendorong lawan keluar dari lingkaran arena, atau menjatuhkan lawan di dalam lingkaran arena akan menang. Bahkan pesumo yang terjatuh sendiri karena terplesetpun dianggap kalah. Jadi menjadi pesumo bukan hanya harus mengalahkan lawan tapi juga harus mampu mengendalikan diri sendiri. Dan yang menarik pertandingan sendiri biasanya sangat singkat kurang dari 1 atau 2 menit, jadi saya bisa menonton banyak pertandingan dalam 1 hari

Bookmark and Share
4
Responses to ... Sumo (相撲 )
Aline C. said... January 31, 2009 at 1:01 AM

Hello from Brazil :)
Thanks for visiting my blog and have written good words. In my post I said that "I'm free" because I recovered from two surgeries on my knees. In the last seven months I was using two crutches to walk. Now, my doctor released me to walk alone.\o/
Sorry my English, I'm in intermediate level :)
Take care,
Aline

Brian said... January 31, 2009 at 11:15 PM

Hai Aline,thank you for visiting my blog. Hope all the best for your recovery.Your english is very good indeed

Aline C. said... February 1, 2009 at 7:37 AM

Thanks Brian :)
I believe that the physiotherapy was the best thing that happened in my period of recovery after the surgery. I will make more than 100 sessions of physiotherapy, as I recover my fitness and my muscle structure.
Take care and have a great weekend :)

Brian said... February 2, 2009 at 10:14 PM

Hope best for your recovery

Post a Comment