4
Posted on 3:46 PM by Brian and filed under
Pada tanggal 7 Februari diperingati hari kanker sedunia. Mengapa kanker perlu diperingati bahkan dibuatkan suatu hari tersendiri? Hal ini tidak terlepas dari peranan kanker terhadap kematian manusia, kanker merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung dan pembuluh darah. Seperti peringatan-peringatan hari yang lain, tentunya ada pesan yang ingin disampaikan dalam peringatan kali ini, menurut hemat saya peringatan hari kanker ini seyogyanya dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kita akan bahaya kanker dan bagaimana upaya untuk mencegah timbulnya kanker sedini mungkin. Untuk itulah tulisan kali ini akan mengulas tentang kanker, penyebabnya, cara mendiagnosisnya, pengobatannya dan yang terpenting upaya pencegahan secara dini.

Apakah kanker itu?
Kanker merupakan istilah untuk menyebut semua jenis tumor ganas. Tumor itu sendiri merupakan pertumbuhan abnormal jaringan, dimana pertumbuhan tersebut melebihi dan tidak terkoordinasi dengan jaringan normal, pertumbuhan ini bersifat menetap walaupun faktor-faktor yang merangsang pertumbuhan tadi sudah tidak ada. Tumor meliputi tumor jinak dan tumor ganas. Berbeda dengan tumor jinak, tumor ganas terdiri dari sel-sel yang bersifat anaplastik (tidak berdeferensiasi). Karakteristik dari kanker ini adalah sel-sel kanker mampu menginvasi jaringan yang sehat disekitarnya serta dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain melalui sistem limfe (limfogen),pembuluh darah (hematogen), dan lapisan serosa (transcoelomic spread) dan tumbuh sebagai tumor metastasis. Liver, paru-paru, tulang, otak, dan kelenjar adrenal merupakan organ tempat metastasis yang paling sering melalui jalur hematogen.

Penyebab kanker?
Penyebab kanker secara pasti tidak diketahui, karena kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor (multifaktor) dan melalui proses yang panjang (multistep).Namun dapat dikatakan terdapat interaksi antara faktor internal (genetik) dan faktor eksternal.
1. Faktor internal : merupakan gen-gen yang ditemukan pada seseorang yang meningkatkan resiko untuk menderita kanker misalnya BRCA1 meningkatkan resiko kanker payudara dan ovarium, atau BRCA2 yang meningkatkan resiko kanker payudara, dll. Gen-gen tersebut mempengaruhi proses perbaikan DNA, atau mempengaruhi pertumbuhan dan kematian sel
2. Faktor eksternal : faktor-faktor dari luar yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, antara lain:
a. Diet : Diet rendah serat dan tinggi lemak hewani (daging merah) meningkatkan secara signifikan resiko kanker usus besar. Diet tinggi lemak dan kalori pada saat anak-anak meningkatkan resiko kanker payudara.Rokok terkait dengan peningkatan beberapa kanker antara lain kanker paru, kanker kerongkongan, kanker kandung kemih, kanker leher rahim, kanker lambung, dan kanker bibir.
b. Virus : beberapa virus terkait dengan terjadinya kanker, misalnya Hepatitis C virus dengan kanker liver, HPV dengan kanker leher rahim,dll
c. Bakteri : Helicobacter pylori bakteri yang sering dijumpai di lambung terkait dengan kanker lambung dan usus halus.
d. Radiasi : ionisasi radiasi dari sinar ultraviolet matahari, radiasi nuklir, dan X rays terkait dengan kanker kulit, leukimia dan kanker kelenjar thyroid.
e. Bahan kimia: Vinyl chloride terkait dengan kanker Liver, Arsenic terkait dengan kanker paru, Benzidine terkait dengan kanker kandung kemih,dll
Diagnosis?
Dignosis ini ditujukan untuk menemukan kanker primer dan juga penyebaran dari kanker itu sendiri (metastasis). Alat diagnostik itu sendiri melipurti pemeriksaan radiologi (X-rays, mammography, CT scan, MRI, USG, SPECT, maupun PET); pemeriksaan pathology (tumor marker, sitologi, maupun biopsi); pemeriksaan endoskopi. Dari pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dapat ditentukan stadium kanker dari pasien. Penentuan stadium ini penting karena menyangkut terapi yang akan diberikan. Penentuan stadium untuk kanker yang padat (solid) pada umumnya mengikuti sistem klasifikasi TNM (tumor, node, metastasis).
Pengobatan?
Pengobatan pada umumnya sangat tergantung dari stadium dari kanker itu sendiri. Terapi konvensional yang biasanya digunakan adalah pembedahan untuk mengambil kanker, dan dilanjutkan dengan radiotherapi maupun khemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tertinggal atau yang sudah menyebar ke organ lain (metastasis). Pengobatan metode alternatif yang pada saat ini sedang dalam proses penelitian dan uji klinis meliputi immunotherapy, gene therapy, dan yang saat ini sedang ngetrend adalah penggunaan human mesenchymal stem cell (hMSC) maupun human induced pluripotent stem cell (hiPS) sebagai terapi beberapa kanker seperti leukimia dan glioblastoma.
Pencegahan dini?
1. Mengubah life style atau gaya hidup merupakan salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan karena faktor eksternal penyebab kanker lebih terkait dengan gaya hidup seseorang.Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti satur-sayuran dan buah-buahan, mengurangi konsumsi lemak hewani terutama daging merah seperti daging sapi dan kambing, menghindari merokok, tidak minum alkohol adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat dilakukan.
2. Deteksi dini terhadap kemungkinan kanker seperti pap smear untuk kanker leher rahim, sadari (periksa payudara sendiri) untuk kanker payudara, selalu memperhatikan air seni maupun tinja untuk kanker kandung kemih atau kanker saluran cerna adalah beberapa tindakan deteksi dini yang dapat dilakukan. Semakin dini kanker ditemukan dalam artian stadium awal semakin tinggi kemungkinan sembuhnya.

Akhirnya, selamat hari kanker sedunia, semoga semakin meningkatkan kesadaran kita akan bahaya kanker.

Rujukan :
1. Gabriel JA. The Biology of Cancer, 2nd edn, West Sussex: John Wiley & Sons, 2007
2. Kumar V, Abbas AK, Fausto N. Robbins and Cotran PATHOLOGIC BASIS OF DISEASE , 7th edn, Philadelphia: Elseiver, 2005

Bookmark and Share
4
Responses to ... Selamat Hari Kanker Sedunia (Mengenal kanker lebih dekat)
Erik said... February 8, 2009 at 7:04 PM

Terima kasih infonya...
Info yang sangat bermanfaat buat saya

Brian said... February 9, 2009 at 10:54 AM

Terima kasih mas Erik atas komentarnya

Rachmat said... April 15, 2009 at 11:57 PM

makasih mas brian, artikelnya bermafaat, jadi nambah pengetahuan tentang gimana cara mencegah kanker sejak dini ^_^

poin4D Com said... September 21, 2016 at 5:31 AM

zynga poker
zynga poker

Post a Comment